√ 10 Nama Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Daerahnya

Posted on

Nama Sungai Terbesar di Indonesia – Sungai atau kali adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

Baca Juga : Provinsi di Indonesia

Menurut jumlah airnya, jenis sungai dibedakan menjadi:

  • Sungai permanen, yaitu sungai yang debit airnya sepanjang tahun relatif tetap. Contoh sungai permanen di Indonesia diantaranya sungai Kapuas, Kahayan, Barito, dan Mahakam di Kalimantan, Sungai Musi dan Sungai Indragiri di Sumatra.
  • Sungai periodik, yaitu sungai yang pada waktu musim hujan airnya banyak, sedangkan pada musim kemarau airnya sedikit. Contoh sungai periodik di Indonesia banyak terdapat di Pulau Jawa seperti Bengawan Solo dan Sungai Opak di Jawa Tengah, Sungai Progo dan Sungai Code di Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Sungai Brantas di Jawa Timur.
  • Sungai intermittent atau sungai episodik, yaitu sungai yang mengalirkan airnya pada musim penghujan, sedangkan pada musim kemarau airnya kering. Contoh sungai intermittent atau sungai episodik diantaranya Sungai Kalada di Pulau Sumba dan Sungai Batanghari di Sumatra.
  • Sungai ephemeral, yaitu sungai yang ada airnya hanya pada saat musim hujan. Sungai jenis ini hampir sama dengan jenis episodik, hanya saja pada musim hujan sungai jenis ini airnya belum tentu banyak.

Menurut genetiknya, jenis sungai dibedakan menjadi:

  • Sungai konsekwen, yaitu sungai yang arah alirannya searah dengan kemiringan lereng.
  • Sungai subsekwen, yaitu sungai yang aliran airnya tegak lurus dengan sungai konsekwen.
  • Sungai obsekwen, yaitu anak sungai subsekwen yang alirannya berlawanan arah dengan sungai konsekwen.
  • Sungai insekwen, yaitu sungai yang alirannya tidak teratur atau terikat oleh lereng daratan.
  • Sungai resekwen, yaitu anak sungai subsekwen yang alirannya searah dengan sungai konsekwen.
  • Sungai andesen, yaitu sungai yang kekuatan erosi ke dalamnya mampu mengimbangi pengangkatan lapisan batuan yang dilalui.
  • Sungai anaklinal, yaitu sungai yang arah alirannya mengalami perubahan karena tidak mampu mengimbangi pengangkatan lapisan batuan.

Baca Juga : Sejarah G30S/PKI

Menurut sumber airnya, jenis sungai dibedakan menjadi:

  • Sungai hujan, yaitu sungai yang berasal dari air hujan. Jenis sunga ini banyak dijumpai di Pulau Jawa dan kawasan Nusa Tenggara.
  • Sungai gletser, yaitu sungai yang berasal dari melelehnya es. Jenis sungai ini banyak dijumpai di negara-negara yang beriklim dingin, seperti Sungai Gangga di India dan Sungai Rhein di Jerman.
  • Sungai campuran, yaitu sungai yang berasal dari air hujan dan lelehan es. Jenis sungai ini dijumpai di Papua, contohnya Sungai Digul dan Sungai Mamberamo.

Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, sebagai pembangkit listik tenaga air (plta), bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. Di Indonesia saat ini terdapat 5.950 daerah aliran sungai (DAS). Sungai terdalam di Indonesia adalah sungai siak yang berada di provinsi riau, sedangkan sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai kapuas ang berada di provinsi Kalimantan Barat. Beberapa sungai terpanjang di Indonesia terdapat di pulau-pulau besar, seperti Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Papua.

Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Daerahnya

Berikut 10 sungai terbesar yang ada di indonesia dan gambarnya:

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas adalah sungai yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Sungai kapuas merupakan sungai terpanjang di Kalimantan dan juga di Indonesia dengan panjang sungai kapuas adalah 1.143 km. Sungai Kapuas mengalirkan air dari mata air Pegunungan Muller hingga ke muara sungai di Selat Karimata. Sungai inimasih sedikit terjaga dan dilindungi kelestariannya karena diperoleh hutan hujan tropis yang masih dilindungi dan terjaga dibagian hulu Sungai Kapuas.

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam adalah sungai terpanjang di Kalimantan Timur dan juga merupakan salah satu sungai terpanjang kedua di Indonesia. Panjang sungai mahakam adalah sekitar 980 km. Sungai mahakam bermuara di Selat Makassar. Hingga saat ini, sungai mahakam berperan vital bagi masyarakat setempat sebagai sumber pengairan, lahan perikanan dan juga sarana transportasi umum.

Baca Juga : Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Sungai Barito

Sungai Barito adalah sungai terpanjang ketiga di Kalimantan dan Indonesia tepatnya terletak di Kalimantan Tengah. Panjang sungai barito yaitu sekitar 890 km. Hulu Sungai Barito berada di Pegunungan Muller yang mengalirkan air hingga ke Laut Jawa. Nama lain sungai barito adalah Sungai Banjar dan Sungai China.

Sungai Batanghari

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang sekitar 800 km dan lebar sungai berkisar antara 200-650 meter. Sungai batanghari melintas di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, mengalirkan air dari Gunung Rasan hingga Laut China Selatan. Sungai batanghari ini menjadi saksi sejarah peradaban Melayu yaitu Kerajaan Melayu, Sriwijaya dan Dharmasraya.

Sungai Musi

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera dan sungai terpanjang ke-5 di Indonesia dengan panjang mencapai 750 km. Sungai musi mengalirkan air dari mata air di kawasan Kepahiang (Bengkulu) sampai ke Selat Bangka. Hingga saat ini, Sungai Musi terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi Masyarakat Sumatera Selatan dan sungai ini juga menjadi salah satu ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Sungai Mamberamo

Sungai Mamberamo merupakan ungai terpanjang di Papua dan sungai terpanjang ke-6 di Indonesia dengan panjang sekitar 670 km. Sungai Mamberamo memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi sehingga banyak yang menjulukinya dengan sebutan “Amazon-nya Indonesia”.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi

Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang sungai sekitar 600 km yang mengalir di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sungai Bengawan Solo mengalir dari hulu sungai di Pegunungan Kidul hingga ke muara di kawasan Gresik. Sungai Bengawan Solo sudah sangat mendunia, karena namanya dijadikan judul sebuah lagu keroncong yang legendaris.

Sungai Kahayan

Sungai Kahayan adalah sungai yang terletak di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sungai Kahayan bermuara di Laut Jawa ini memiliki panjang sekitar 600 km. Sungai Kahayan adalah salah satu onjek wisata yang ditawarkan oleh Pemerintah Kalimantan Tengah, khususnya wisata susur Sungai Kahayan.

Sungai Digul

Sungai Digul adalah sungai yang terletak di Papua dengan panjang sekitar 525 km. Sungai digul ini disebut dengan tanah merah karena jika waktu musim penghujan tiba sungai tersebut akan menjadi merah, keruh karena tipe tanah yang berlumbur. Sungai Digul mengalirkan air dari mata air di Pegunungan Sterren hingga ke Laut Arafuru.

Sungai Indragiri

Sungai Indragiri merupakan sungai terpanjang ketiga di pulau Sumatera, aliran sungai tersebut melintasi Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Menurut catatan, panjang sungai indragiri mencapai 500 km dengan kedalaman sungai antara 6-8 meter. Sungai Indragiri mengalirkan air dari daerah Singkarak, Sumatera Selatan ke perairan Laut China Selatan.

Baca Juga : Kerjasama Ekonomi Internasional

Demikian artikel tentang nama sungai terbesar di indonesia dan gambarnya. Semoga bermanfaat