√ 11 Negara Asia Tenggara (ASEAN), Letak Geografis, Posisi dan Batas Wilayahnya

Posted on

Letak Geografis Negara Asia Tenggara (ASEAN) – Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan Asia Tenggara ini meliputi Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat.

Baca Juga : Kerjasama Ekonomi Internasional

Kawasan Asia Tenggara dibagi menjadi dua kelompok yaitu Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).

  • Negara Asia Tenggara yang termasuk ke dalam ATD adalah Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam.
  • Negara Asia Tenggara yang termasuk ATM adalah Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Timor Leste.

Semua negara di kawasan Asia Tenggara terhimpun dalam organisasi ASEAN. Apa itu ASEAN? Apa Tujuan ASEAN? Bagaimana letak geografis ASEAN?

Pengertian ASEAN

ASEAN (singkatan dari Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) adalah sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok. Negara pendiri ASEAN diantaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Menteri luar negeri penanda tangan Deklarasi Bangkok tersebut yaitu Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand).

Tujuan ASEAN adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total populasi dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. Pada tahun 2010, kombinasi nominal Gross Domestic Product (GDP) ASEAN telah tumbuh hingga 1,8 Triliun Dolar AS. Apabila ASEAN adalah sebuah entitas tunggal, maka ASEAN akan duduk sebagai ekonomi terbesar kesembilan setelah Amerika Serikat, Cina, Jepang, Jerman, Prancis, Brasil, Inggris dan Italia.

Secara geografis, letak negara anggota ASEAN saling bersebelahan. Letak astronomis ASEAN berada di 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT. Penentuan letak astronomis suatu wilayah didasarkan pada garis bujur dan garis lintang.

Baca Juga : Pengertian Ekspor dan Impor

Letak Geografis ASEAN

Secara umum, letak geografis ASEAN dihimpit oleh 2 samudra yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik serta dihimpit oleh dua benua yaitu benua Asia dan Benua Australia.

Hal tersebut membuat ASEAN sangat strategis karena melewati jalur perdagangan internasional.

Secara geografis, wilayah ASEAN berada di sebelah tenggara benua asua dan wilayahnya bisa dibedakan menjadi wilayah daratan dan perairan.

Kondisi Geografis ASEAN

Total luas wilayah ASEAN adalah 4.522.518 km persegi yang terdiri dari wilayah daratan dan perairan.

Saat ini, diperkirakan populasi jumlah penduduk di ASEAN mencapai lebih dari 615 juta jiwa dan tentunya akan bertambah.

Secara umum, wilayah ASEAN beriklim tropis karena letaknya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa. Indonesia dan Malaysia beriklim tropis khatulistiwa; Vietnam berikim tropis dan sedang; Myanmar bagian utara beriklim subtropis; dan sisa negara ASEAN lainnya beriklim tropis.

Indonesia merupakan negara ASEAN yang terletak paling ujung barat dan ujung selatan sehingga berbatasan dengan benua Australia dan Papua Nugini. Sedangkan Myanmar merupakan negara ASEAN yang terletak paling ujung timur dan utara sehingga berbatasan dengan CHina dan kawasan Asia Timur.

Batas Wilayah ASEAN

Berikut ini batas-batas ASEAN:

Disebelah utara, wilayah ASEAN berbatasan dengan China (Asia Timur) dan juga wilayah perairan Laut China Timur.

Sebelah timur, wilayah ASEAN berbatasan dengan Papua Nugini yang termasuk benua Australia. Selain itu, berbatasan juga dengan wilayah perairan Samudera Pasifik.

Sebelah selatan, wilayah ASEAN berbatasan dengan Australia dan benua Australia secara keseluruhan. Selain itu, berbatasan juga dengan wilayah perairan Samudera Hindia.

Sedangkan, di sebelah barat, wilayah ASEAN berbatasan dengan India dan Bangladesh (Asia Selatan). Selain itu, berbatasan juga dengan wilayah perairan Teluk Benggala, Laut Andaman, dan Samudera Hindia.

Negara Kawasan Asia Tenggara

Berikut ini negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang juga menjadi negara anggota ASEAN, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Latar Belakang Perang Dunia 1

Filipina

Ibu kota : Manila
Merdeka : 4 Juli 1946

Letak Astronomis Filipina
5º LU – 21º LU dan 117º BT 126º BT

Batas Wilayah Filipina
Utara : Taiwan
Timur : Samudera Pasifik
Selatan : Laut Sulawesi dan Sulu
Barat : Laut China Selatan
Iklim: Tropik, suhu rata-rata 25º C

Penduduk (Suku) Filipina
Penduduk asli keturunan Melayu dan sebagian suku Meztiso yaitu campuran antara suku Indian dan spanyol. Di daerah pedalaman terdapat suku Negrito.

Filipina adalah negara kepulauan dengan jumlah pulau ± 7.100 buah. Pulau-pulau besar di Filipina adalah Pulau Luzon dan Pulau Mindanao. Kepulauan Filipina termasuk daerah Pegunungan Lipatan Pasifik. Filipina memiliki banyak gunung yang masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzon adalah Gunung Mayon (2.421 m), dan Gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo (2.954 m). Gunung yang sering meletus di Filipina adalah Gunung Sinatubo. Terdapat dataran yang rendah dan sempit, pantai curam dan terjal (Fyord), sering terjadi badai tropis. Danau di Filipina adalah Danau Lanau di Mindanao, Sungai Cagayan di Pulau Luzon, dan Palung laut Moindanao.

Perekonomian Filipina
Mata pencaharian penduduk Filiphina adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Hasil pertaniannya adalah padi, kelapa, serat abaka,kopra, tebu, karet, nanas, dan gula. Hasil tambang di Filiphina adalah kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, sulfur, chrom, dan minyak bumi. Di Filiphina terdapat balai penelitian padi internasional.

Baca Juga : 34 Nama Provinsi di Indonesia

Indonesia

Ibu kota : Jakarta
Merdeka : 17 Agustus 1945

Letak Astronomis Indonesia
6º LU – 11º LS dan 95º BT – 141º BT

Batas Wilayah Indonesia
Utara : Laut China Selatan
Selatan : Samudra Hindia
Barat : Samudera Hindia
Timur : Papua Nugini dan Timor Leste

Iklim: Tropis, Laut, dan Muson
Suhu rata-rata pertahun 26º C
Dipengaruhi angin muson barat dan timur

Penduduk (Suku) Indonesia
Jumlah penduduk Indonesia pada 2017 mencapai 264 juta. Suku asli Melayu, Betawi, Jawa, Sunda, Batak, Tengger, Baduy, Toraja, Dayak, Asmat, Banjar, Sasak, Bali, dan lain sebagainya.

Bentang Alam Indonesia
Wilayah Indonesia terdiri dari daratan dan lautan. Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan dan memiliki wilayah yang sangat luas menyebabkan Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Selain itu, bentuk muka bumi Indonesia tidak rata, ada bagian yang rendah, datar, dan bergelombang. Gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Jaya Wijaya; Danau terbesar adalah Danau Toba; Sungai terpanjang adalah Sungai Kapuas dan Sungai terbesarnya adalah Sungai Musi.

Perekonomian Indonesia
Indonesia adalah negara berkembang kebanyakan penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian. Hasil pertanian Indonesia adalah padi. Indonesia juga memiliki hasil perkebunaan seperti teh dan kopi. Pertambangan seperti emas, intan, nikel, minyak bumi, dan nikel. Selain itu, perairan, perindustrian dan parwisata juga adalah sektor perekonomian masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Malaysia

Ibu kota : Kuala Lumpur
Medeka : 31 Agustus 1957 (Merdeka penuh 16 September 1963)

Letak Astronomis Malaysia
1º LU – 7º LU dan 100º BT – 119º BT

Batas Wilayah Malaysia
Utara : Laut China Selatan (Muangthai)
Barat : Selat Malaka
Timur : Indonesia dan Laut Sulu
Selatan : Indonesia dan Sngapura
Iklim: Tropis, suhu antara 24º C – 35º C

Penduduk (Suku) Malaysia
Sebagian besar penduduk Malaysia memiliki suku Melayu dan China, sebagian lainnya India, Arab, dan Semang (asli).

Bentang Alam Malaysia
Wilayah Negara Malaysia terbagi atas dua wilayah, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur dengan luas keseluruhan wilayah Malaysia ± 330.434 km2.

  • Wilayah Malaysia Barat adalah semenanjung Malaka yang terdiri dari sebelas negara bagian.
  • Wilayah Malaysia bagian timur letaknya di sebelah utara Kalimantan. Wilayah ini terdiri dari dua negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak.

Di semenanjung Malaka terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Tahan (2.190 m). Di wilayah bagian timur terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tertinggi yaitu Gunung Kinabalu (4.101 m).

Perekonomian Malaysia
Kegiatan ekonomi utama penduduk Negara Malaysia adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertanian menghasilkan karet, minyak sawit, kopra, teh, lada, dan padi. Pertambangan menghasilkan bijih timah, bauksit, bijih besi, dan minyak bumi. Malaysia adalah penghasil timah terbesar di dunia. Industri Malaysia menghasilkan barang dari baja dan barang elektronik.

Singapura

Baca Juga : Sejarah Masuknya Islam Di Indonesia

Ibu kota : Singapura
Merdeka : 2 Agustus 1965

Letak Astronomis Singapura
1º 10’ LU – 1º 27’ LU dan 103º 38’ BT – 104º 2’ BT

Batas Wilayah Singapura
Utara : Selat Johor
Selatan : Selat Singapura
Barat : Selat Malaka
Timur : Selat Singapura
Iklim: Tropis

Penduduk (Suku) Singapura
Suku penduduk Singapura terdiri dari:
China : 77%
Melayu : 14%
India : 8%
Bangsa Lainnya : 1%

Bentang Alam Singapura
Bagian barat Singapuraterdiri dari perbukitan dan lembah.
Bagian tengah Singapura berupa daerah perbukitan dengan puncak bukit tertinggi adalah bukit timah (581 m).
Bagian timur Singapura berupa daerah dataran rendah dan rawa-rawa.
Sungai yang ada di Singapura adalah Sungai Kranji dan Sungai Jurong. Singapura memperluas wilayahnya dengan reklamasi pantai dengan pengurukan pasir.

Perekonomian Singapura
Perekonomian Singapura sangat tergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan, dan perindustrian. Industri Singapura menghasilkan kapal, elektronik, dan bahan makanan. Pertanian di Singapura memiiki areal yang sempit, karena itu areal tanah pertanian ditambah dengan cara menimbun tanah yang berawa-rawa di tepi pantai. Hasil pertanian Singapura diantaranya buah-buahan, sayuran, dan anggrek. Peternakan di Singapura terdapat di sekitar kota dengan hewan ternak iberupa unggas dan sapi perah. Kawasan industri di Singapura terdapat di daerah Jurong.

Thailand

Baca Juga : Nama Sungai Terbesar Di Indonesia

Ibu kota : Bangkok
Merdeka : Tidak pernah dijajah

Letak Astronomis Thailand
5º LU – 21º LU dan 97º BT – 106º BT

Batas Wilayah Thailand
Utara : Myanmar dan Laos
Timur : Laos, Kamboja, dan Teluk Siam
Selatan : Malaysia
Barat : Myanmar dan Samudera Hindia
Iklim: Tropis

Penduduk (Suku) Thailand
Penduduk asli Bangsa Thai dan ebagian lagi keturunan China dan Melayu.

Bentang Alam Thailand
Luas Negara Thailand ± 513,998 km². Wilayah Negara Thailand dibagi menjadi lima, yaitu:
Dataran rendah di bagian tengah yang dialiri oleh Sungai Chao Phraya. Daerah ini sangat subur.
Daerah pegunungan di bagian utara dan barat. Dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Doi Ithanon (2.594 m)
Pegunungan Kapur di bagian timur.
Semenajung Thailand Selatan yang berupa bukit-bukit rendah yang meluas hingga ke perbatasan dengan Malaysia.

Di Thailand terdapat Plato Korat, dan terdapat pulau Tanah Genting Kra Cantara yang berada di antara Teluk Siam dan Laut Andaman.

Perekonomian Thailand
Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Hasil pertanian terbesar di Thailand adalah beras. Thailand adalah lumbung padi di Asia Tenggara. Hasil kehutanannya adalah kayu jati. Sedangkan pertambangan menghasilkan timah dan mangaan. Industri Thailand menghasilkan tekstil, semen, dan barang elektronik. Pariwisata adalah penghasil devisa utama Negara Thailand. Contoh tempat tamasya di Thailand adalah Pantai Pattaya, Chiang May, Ayuttaya, dan Bangkok.

Brunei Darussalam

Ibu kota : Bandar Seri Begawan
Merdeka : 1 Januari 1984
Bergabung dengan ASEAN pada 7 Januari 1984

Letak Astronomis Brunei Darussalam
4º LU – 5º 2’ LU dan 114º BT – 115º BT

Batas Wilayah Brunei Darussalam
Utara : Laut China Selatan
Selatan : Malaysia
Barat : Malaysia
Timur : Malaysia
Iklim: Tropis

Baca Juga : Organisasi Bentukan Jepang Di Indonesia

Penduduk (Suku) Brunei Darussalam
Sebagian besar orang Melayu, sisanya orang China, dan Dayak (asli)

Bentang Alam Brunei Darussalam
Brunei Darussalam terletak di Kalimantan Utara. Luas wilayahnya ± 5.765 km². Negara Brunei Darussalam terbagi atas dua wilayah, yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah barat Brunei Darussalam adalah daerah dataran rendah dan berawa-rawa. Semakin ke pedalaman sedikit berbukit-bukit. Sedangkan wilayah timur adalah daerah berbukit-bukit. Ketinggian gunung di Brunei Darussalam mencapai 1.850 m (Gunung Pagon). Sungai terpanjangnya adalah Sungai Belait.

Perekonomian Brunei Darussalam
Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak bumi dan gas alam. Barang impor Negara Brunei Darussalam adalah mesin, mobil, barang elektronik, beras, dan gula. Brunei Darussalam termasuk negara di Asia Tenggara yang paling tinggi pendapatan perkapita penduduknya. Hasil pertanian di Brunei Darussalam adalah beras, gula, lada, dan kopra. Sedangkan hasil industrinya adalah tekstil.

Vietnam

Ibu kota : Hanoi
Merdeka : 2 Juli 1976 (gabungan Vietnam Utara dan Selatan)
Bergabung dengan ASEAN pada 28 Juli 1995

Letak Astronomis Vietnam
102º BT – 110º BT dan 8º LU – 23º LU

Batas Wilayah Vietnam
Utara : Republik Rakyat China
Timur : Laut China Selatan
Selatan : Laut China Selatan
Barat : Kamboja dan Laos
Iklim: Tropis

Penduduk (Suku)Vietnam
Penduduk asli suku Champa dan Montagnard di selatan, Muang, Tay, dan Nung di utara. Sebagian lainnya suku Khmer dan China.

Bentang Alam Vietnam
Negara Vietnam terletak di Semenanjung Indocina. Luas Vietnam kurang lebih 331. 653 km². Di Negara Vietnam terdapat Plato Tonkin dengan puncaknya Gunung Fan Si Pan, Pegunungan Annam dengan Gunungnya Ngoch Linh, dataran rendah alluvial di sekitar Sungai Mekhong.

Perekonomian Vietnam
Mata pencaharian penduduk Vietnam sebagian besar adalah di bidang pertanian. Hjasil utama pertaniannya adalah padi. Hasil pertanian lainnya adalah jagung, kapas, tebu, ubi jalar teh, buah-buahan, dan tembakau. Hasil pertambangannya adalah emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, dan seng. Hasil industrinya adalah kapal, mesin, semen, kertas, dan kimia.

Baca Juga : Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Laos

Ibu kota : Vientiane
Merdeka : 22 Oktober 1953 dari Perancis dan mengubah bentuk negara dari kerajaan menjadi republik pada tanggal 3 Desember 1975
Bergabung dengan ASEAN pada 23 Juli 1997

Letak Astronomis Laos
16º LU – 22º LU dan 100º BT – 108º BT

Batas Wilayah Laos
Utara : Republik Rakyat China
Timur : Vietnam
Selatan : Kamboja
Barat : Myanmar dan Thailand
Iklim: Musim

Penduduk (Suku) Laos
Thai, Khmer, China, Lao Lum, Lao Theung, Lao Sung, dan Yos

Luas wilayah Laos ± 236.800 km². Negara Laos dikelilingi oleh pegunungan dan hutan lebat. Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di sebelah utara dan membentang sepanjang batas timur. Puncaknya adalah Gunung Bia. Sungai Mekhong adalah sungai penting di Laos. Sungai Mekhong dimanfaatkan juga sebagai fasilitas transportasi. Laos adalah satu-satunya Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak mempunyai wilayah laut. Di Laos terdapat Plato Bolovens dan Pegunungan Annam.

Perekonomian Laos
Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah pertanian. Kegiatan pertanian laos banyak dilakukan di sepanjang Sumgai Mekhong. Hasil utama pertanian Laos adalah padi dan jagung. Hasil peternakan Laos antara lain sapi, babi, kerbau, dan unggas. Hasil pertambangan yang menjadi komodiitas ekspor adalah timah dan garam batu. Perindustrian di Laos menghasilkan timah, kayu jati, pemintalan sutera, keramik, kerajinan kulit dan kerajinan perak.

Myanmar

Ibu kota : Yangoon
Merdeka : 4 Januari 1948
Bergabung dengan ASEAN pada 23 Juli 1997

Baca Juga : Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959

Letak Astronomis Myanmar
9º LU – 28º LU dan 92º BT – 102º BT

Batas Wilayah Myanmar
Utara : Republik Rakyat China
Timur : Muangthai dan Laos
Selatan : Laut Andaman
Barat : Bangladesh, India
Iklim: Bagian selatan beriklim tropis dan bagian utara beriklim subtropis.

Penduduk (Suku) Myanmar
Sebagian besar penduduk Birma keturunan Tibet Birma, sisanya Suku Shan, Karen, Rakhin Mon, dan Kachin.
Bagian selatan Negara Myanmar terdapat garis pantai di sepanjang Teluk Benggala dan Laut Andaman. Di bagian utara yang berbatasan dengan India dan China adalah pegunungan tinggi. Pegunungan ini adalah bagian dari Pegunungan Himalaya. Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang memisahkan antara Myanmar dan Thailand. Di bagian tengah adalah dataran rendah yang dialiri Sungai Irawadi dan beberapa sungai lainnya. Di Myanmar terdapat Sungai Salwen. Luas Negara Myanmar ± 676.576 km².

Perekonomian Myanmar
Hasil utama pertanian di Myanmar adalah padi. Myanmar adalah penghasil padi terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Thailand. Hasi pertanian lainnya adalah kapas, padi, dan tembakau. Hasil pertambangannya antara lain seng, tembaga, emas, perak, timah, dan minyak bumi. Hasil industri Myanmar berupa semen, tekstil, pupuk, ubin, rami, farmasi, baja, dan makanan ternak.

Kamboja

Ibu kota : Phnom Penh
Merdeka : 9 November 1953 dari Perancis
Bergabung dengan ASEAN pada 30 April 1999

Letak Astronomis Kamboja
8º LU – 14º LU dan 102º BT – 107º BT

Batas Wilayah Kamboja
Utara : Laos dan Thailand
Timur : Vietnam
Selatan : Teluk Siam
Barat : Thailand
Iklim: Tropis

Penduduk (Suku) Kamboja
Sebagian besar orang Khmer, selebihnya Suku China dan Vietnam.

Baca Juga : Sejarah Perang Aceh Melawan Belanda

Bentang Alam Kamboja
Luas wilayah Kamboja kurang lebih 181.300 km². Negara Namboja letaknya di Semenanjung Indocina. Di Kamboja mengalir Sungai Mekhong. Daerah di sekitar Sungai Mekhong adalah daerah subur. Pegunungan Cardaman panjangnya 160 km melintasi perbatasan dengan Thailand. Di Thailand terdapat Dataran rendah Tonle Sap, dan Sungai Mekhong. Dataran tinggi Ratanokiri dan Mondolkiri. Danau Tonle Sap dan Pegunungan Phnom Aural.

Perekonomian Kamboja
Mata pencaharian utama penduduk Kamboja adalah di bidang pertanian. Daerah pertanian terdapat di sepanjang Sungai Mekhong dan di sekitar Danau Tonle Sap. Padi termasuk hasil pertanian Kamboja yang terbesar. Di samping tanaman padi, Kamboja juga memproduksi karet dalam jumlah yang sangat besar. Hasil pertambangan di Negara Kamboja adalah bijih besi, emas, tembaga, dan batu bara. Industry di Kamboja adalah tekstil, pengolahan, kayu, kertas, semen, dan penggilingan padi.

Timor Leste

Ibu kota : Timor Timur
Merdeka : 20 Mei 2002 (lepas dari Indonesia)

Letak Astronomis
8º LS – 10º LS dan 125º BT – 128º BT

Batas Wilayah Timor Leste
Utara : Selat Umbai dan Selat Wetar (Indonesia)
Selatan : Samudera Hindia
Barat : Provinsi NTT (Indonesia)
Timur : Laut Arafuru
Iklim: Tropis

Penduduk (Suku) Timor Leste
Suku Tetum, Belu, Galolo. Campuran Melayu dan Papua.

Bentang Alam Timor Leste
Wilayah Negara Timor Leste terdiri dari dua wilayah terpisah yang sebagian wilayahnya terdapat di Provinsi NTT Indonesia. Alam Timor Leste sebagian besar tidak subur. Juga miskin sumber daya alam. Sumber daya alam yang dimiliki hanyalah tambang minyak bumi di Selat Timor. Gunung tertinggi adalah Gunung Tata Mailau dan danaunya adalah Danau Surubel.

Perekonomian Timor Leste
Timor Leste masih tergantung dengan pasokan barang-barang dari Indonesia melalui Provinsi NTT. Timor Leste menggunakan mata uang US$. Timor Leste mengharapkan bisa mengekploitasikan minyak bumi di celah Timor (Timor Gab). Tapi masalah perbatasan masih menjadi kendala untuk segera melaksanakan eksploitasi. Hasil pertanian di Timor Leste adalah kopi, padi, kedelai, dan kopra. Hasil pertambangannya adalah emas, minyak bumi, mangan, dan gas alam. Hasil industrinya adalah tekstil, air mineral, dan pengolahan kopi.

Baca Juga : Sarekat Islam

Mengingat kepentingan geografis, ekonomis dan politik yang strategis, sejak beberapa tahun belakangan ini, ASEAN telah mencoba menjajaki perluasan anggota kepada negara-negara tetangga di sekitar ASEAN. Berikut ini adalah daftar negara-negara perluasan keanggotaan ASEAN:

  • Bangladesh
  • Palau
  • Papua Nugini
  • Republik Tiongkok (Taiwan)
  • Timor Leste

Demikian artikel pembahasan tentang letak geografis asean dan negara-negara kawasan asia tenggara. Semoga bermanfaat